3/26/2008

mempersingkat domain blog

sebenarnya agak bingung juga mau nulis tentang web design. karena saya juga belajar web design
secara otodidak, trial and error juga sering banget. tapi karena saya sangat mengagumi yang namanya
web design, saya akan tetap mempelajarinya, dan gak akan ada kata puas untuk belajar.

ok, tulisan yang pertama tentang web design adalah cara mempersingkat domain kita, khususnya yang pengen
fasilitas-fasilitas gratisan. seperti contohnya diblog ini, domain aslinya adalah http://heymynameisadit.blogspot.com tapi karena
terlalu panjang dan sulit diingat, saya ganti dengan http://aditsaputra.info.tm

bagi sebagian orang, dengan menggunakan nama yang singkat dan mudah diingat itu merupakan kebanggaan tersendiri, terutama para penggemar gratisan.
tapi ada juga orang yang lebih bangga kalau memakai nama blogspot dibelakang domainnya, tergantung masing-masing pemilik blog.

untuk mempersingkat domain blog,

ada sebuah web -- http://www.freedns.afraid.org -- disitu saya menemukan banyak sekali subdomain gratisan yang siap dipakai.
maaf saya gak bisa kasih screen shoot step-stepnya, keterangan lebih lanjut bisa dilihat diweb tersebut. ada ribuan sub domain yang nama-namanya juga cukup bagus disana.

tetapi disana kita juga dibatasi hanya boleh menggunakan subdomain yang berstatus 'public' artinya subdomain tersebut bisa dan boleh digunakan olrh siapa saja. sedangkan yang berstatus 'private' hanya bisa digunakan oleh pemiliknya.
kecuali kalau kita mendapatkan ijin khusus dari sang pemilik.

jangan lupa untuk membuat akun disana terlebih dahulu, kemudian pilih pada tab 'subdomain'. kita akan diminta memilih subdomain mana yang akan kita pakai. subdomain yang ratingnya cukup tinggi diantaranya : .info.tm [seperti yang saya pakai], .biz.tm, dll, masih banyak lagi.
kemudian kita akan diminta untuk 'convigurasi' memasukkan alamat blog asli kita, ada juga pilihan untuk membuat judul atau nama baru untuk blog.
fasilitas free dns ini sangat memudahkan untuk mempersingkat nama blog, atau bisa juga untuk membuat nama website, dan yang lebih penting lagi fasilitas ini gratis, tanpa embel-embel iklan atau banner yang sering kita lihat dipenyedia domain forwarding seperti .tk, atau di .net.tf, atau yang lainnya.

ok, mungkin ini tulisan pertama tentang webdesign, selamat mencoba. say love to webdesign, like I do..:)

4 comments:

astrid savitri said...

Hehe..tepat! sy penggemar gratisan dan sy pakai nama saya sbg domain dgn alasan yg kamu bilang itu...spy gampang diingat dan memenuhi narsisime saya...

Anonymous said...

igh aku mau donk punya domain singat... mempersingkat domain blog kayaknya perlu belajar ekstra deh *ada niat untuk dibikinkan :D* hakakaka...
btw boleh donk bikin akyu layout :D tapi yang simple yaks... soale isi blogku kadang 'ribut' so dengan layout yang simple, jadi gimana gitu *halah*
-dezihg!!!-
hehehe... met wiken!

Anonymous said...

thanks atas infonya, tp klo menurut SEO gimana tuh?
di perkenankan g?

Anonymous said...

@ rio bisa aja kok.